Jorginho, Kante, dan De Bruyne Bersaing jadi Pemain Terbaik Eropa 2021

canalberita.com – UEFA akhirnya mengumumkan tiga nama pemain yang akan bersaing memperebutkan gelar Pemain Terbaik Eropa Pria 2021. Ketiganya adalah Kevin De Bruyne, Jorginho, dan N’Golo Kante.

Otoritas tertinggi sepakbola Eropa itu merilis daftar tersebut di laman resminya, Kamis malam WIB, 19 Agustus 2021. Secara keseluruhan, terdapat 10 pemain yang masuk ke daftar tersebut.

Ini adalah pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir perjalanan trofi tersebut, tiga nominasi teratas seluruhnya dihuni oleh pemain berposisi gelandang. Statistik pun menunjukkan mereka adalah pemain paling berprestasi sepanjang 2021.

Dimulai dari De Bruyne. Pemain berpaspor Belgia itu jadi kunci kebangkitan Manchester City hingga akhirnya juara Premier League. Padahal, The Citizens sempat terlempar dari posisi lima besar di awal musim.

Pencapaian tertinggi De Bruyne bersama ManCity musim lalu tentu saja berhasil melangkah ke final Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub. Sayang, perjalanan apiknya gagal dituntaskan dengan gelar juara.

Untuk Kante, gelandang murah senyum ini menjadi salah satu pahlawan Chelsea dalam merengkuh trofi Liga Champions musim lalu dan Piala Super Eropa. Dia dua kali meraih gelar Man of the Match di semifinal kontra Real Madrid dan di laga final melawan ManCity.

Rekan setim Kante, Jorginho, juga menjadi kandidat kuat meraih titel Pemain Terbaik Eropa 2021. Dia menjadi kunci solidnya lini tengah The Blues hingga juara Liga Champions dan Piala Super Eropa. Pemain berpaspor Italia itu juga melengkapi kesuksesannya tahun ini dengan membawa Timnas Italia juara Piala Eropa 2020.

Sementara itu, tujuh pemain lainnya yang juga masuk ke daftar ini adalah Lionel Messi, Robert Lewandowski, Gianluigi Donnarumma, Kylian Mbappe, Raheem Sterling, Cristiano Ronaldo, serta Erling Haaland.

Selain penghargaan untuk pria, UEFA juga mengumumkan tiga nominasi Pemain Terbaik Eropa Wanita 2021. Mereka adalah Jennifer Hermoso, Lieke Martens, dan Alexia Putellas. Seluruhnya merupakan pemain Barcelona Wanita.

Nantinya, pemenang akan dipilih oleh para pelatih dan perwakilan jurnalis di negara-negara konfederasi Eropa. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 26 Agustus 2021 mendatang bersamaan dengan pengundian fase grup Liga Champions di Istanbul, Turki.

(sumber: viva.co.id)