Pembangunan Sirkuit Mandalika Bakal Kelar Sebelum Homologasi, Kini Sudah 78,6 %

–Pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat masih terus berlangsung. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut pengaspalan bakal selesai sebelum homologasi berlangsung pada akhir Juli – Agustus.

Dilihat dari akun media sosial Mandalika Grand Prix Association (MGPA) @themandalikagp, Kamis (24/6/2021) trek Sirkuit Mandalika mulai ditutupi aspal. Sampai pertengahan Juni 2021 dilaporkan pekerjaan konstruksi keseluruhan sudah mencapai 78,6 persen dengan proses pengaspalan service road yang sudah teraspal sekitar 7,500 meter dari total 8,120 meter.

“Selanjutnya untuk pelaksanaan pekerjaan aspal lapis kedua (AC-Binder) akan dilaksanakan sebelum akhir Juni 2021,” tulis @themandalikagp seperti dilihat detikcom, Kamis (24/6/2021).

Lebih lanjut dijelaskan pembangunan tidak hanya berfokus pada pengaspalan sirkuit. Secara bersamaan juga dibangun penunjang sirkuit seperti gravel bed, proses fabrikasi gantry start/finish beserta pondasi, pemasangan concrete barrier, pemasangan pagar Debris Fence serta Pitwall Geobrugg, pekerjaan landscaping (Pohon dan rumput), pekerjaan drainase permukaan kawasan sirkuit serta pekerjaan pondasi Bore Pile bangunan Race Control.

Disebutkan juga seluruh pekerjaan hingga lapisan terakhir (Stone Mastic Asphalt/SMA) akan selesai sebelum homologasi. Well, beberapa waktu yang lalu detikcom juga sudah mengkonfirmasi terkait perkembangan Sirkuit Mandalika. Proses homologasi Sirkuit Mandalika akan dilaksanakan pada akhir Juli mendatang yang sudah disepakati bersama dengan FIM dan Dorna Sport.

“Jika tidak ada halangan, waktu homologasi yang kami sepakati dengan FIM dan Dorna Sport adalah pada akhir Juli 2021 dan pada saat itu tim homologasi mereka akan kembali mengunjungi Sirkuit Mandalika,” kata Chief of Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto saat dihubungi detikOto, Senin (14/06/2021).

Sementara event besar dalam waktu dekat yang bakal digeber di Sirkuit Mandalika ialah World Superbike 2021 seri ke-11 yang dijadwalkan pada 12-14 November 2021.

Smber: oto.detik.com