Skim Sawit Berkelanjutan ISPO Penting Bagi Industri

CanalBerita, Jakarta – Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kementrian Perindustrian, Edy Sutopo memaparkan jika integrasi dan sinkronisasi prinsip dan kriteria sustainability pada sektor industri perkelapasawitan menjadi aspek penting untuk mencapai tujuan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Termasuk mendukung pembentukan citra positif minyak sawit Indonesia yang sustainable dan traceable, Perluasan akses pasar produk minyak sawit Indonesia khususnya di negara berkembang, Ketahanan mengatasi kampanye negatif, serta menciptakan branding kelapa sawit Indonesia yang kuat.

“Pengakuan ISPO oleh negara atau perusahaan konsumen minyak sawit asal Indonesia diperlukan untuk dapat memperkuat akses pemasaran minyak sawit Indonesia. Prinsip dan kriteria ISPO hilir mengacu pada 17 principles dari UN SDG’s (United Nation Sustainable development goals),” tutur Edy dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT.

Direktur akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga sertifikasi BSN, Triningsih menjelaskan “New ISPO” memberikan jaminan tertulis atau konsekuensi tanggung gugat/liability serta aspek ketelusuran. Badan akreditasi ISPO yang merupakan Komite Akreditasi Nasional (KAN) sudah mendapatkan pengakuan dari badan akreditasi internasional seperti APAC (Asia Pacific Accreditation Cooperation) dan IAF (International Accreditation Forum).

“Kami ingin menunjukan jika sertifikat ISPO bukan hanya sekedar sertifikat tertulis, namun dapat dipertanggung jawabkan,” tandas Triningsih.

Sumber:www.infosawit.com