Mohon Perlindungan Dari Sang Maha Kuasa, Pemkot Gelar Ritual Mamapas Lewu

PALANGKA RAYA,CanalBerita – Agar Kota Palangka Raya terhindar dari hal-hal buruk, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) menggelar ritual Mamapas Lewu, Kegiatan Mamapas Lewu (ruwatan, red) yang digelar bertujuan memohon perlindungan dari yang Maha Kuasa.

Kegiatan acara Mamapas Lewu ini dibuka oleh Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu dan dihadiri Kepala Perangkat Daerah serta tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Acara Mamapas Lewu itu ditandai dengan penguburan kepala hewan kurban kerbau di halaman Disparbudpora Kota Palangka Raya, pada Minggu (17/12/2023).

Ritual Mamapas Lewu melibatkan pemangku agama Hindu Kaharingan setempat, berlangsung pada 15-17 Desember 2023.

Pj Wali Kota mengatakan, ritual yang digelar merupakan salah satu wadah untuk memelihara, melestarikan, dan mengembangkan budaya Dayak.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” Tutur Pj Wali Kota dalam sambutannya.

Dia berharap, Melalui kegiatan ini akan dapat mempererat silaturahmi dan menjaga kerukunan umat beragama, di Kota Cantik Palangka Raya.

Penulis: Cnb2
Editor: alfrid u gara
Kota Palangka RayaRitual Mamapas Lewu