Menko Polhukam dan Menlu RI Mengutuk Keras Serangan Israel ke RS Indonesia di Jalur Gaza

JAKARTA,CanalBerita-Militer Israel (IDF) kembali melancarkan serangan ke dekat RS Indonesia di Jalur Gaza. Laporan Al-Jazeera, di dalam RS Indonesia itu terdapat sekitar 6.000 orang. Termasuk staf dan dokter hingga 700 pasien berlindung di dalamnya.

IDF berdalih tembakan dilakukan untuk membalas serangan yang menargetkan pasukan mereka dari dalam RS. Pasukan militer Israel ini menyebutkan mereka ditembaki lebih dulu.

Menyikapi serangan membabi buta dari Pasukan Militer Israel itu, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah mengutuk keras terjadinya pemboman RS Indonesia di Gaza. Bahkan menurut Mahfud, belasan orang menjadi korban dari serangan Israel tersebut.

“RS Indonesia di Gaz selama ini mengabdi untuk kemanusiaan, sekarang sudah kehilangan kontak, sudah luluh lantak, awaknya 13 orang belum bisa dihubungi, mungkin juga sudah meninggal bersama bom yang terakhir,” ungkap Mahfud di Jakarta Utara, Selasa, 21 November 2023.

Mahfud menegaskan, Indonesia akan terus bersama Palestina hingga negara tersebut meraih kemerdekaannya. Mahfud pun mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera mengeluarkan resolusi untuk menghentikan serangan di Gaza.

“Negara-negara yang tergabung di dalam PBB itu supaya mengeluarkan resolusi lagi agar serangan-serangan dihentikan dari kedua belah pihak, demi kemanusian,” katanya.

Senada dengan Menko Polhukam Mahfud MD, Menlu RI Retno Marsudi juga mengeluarkan pernyataan keras. Retno menegaskan, Pemerintah RI mengutuk keras serangan Israel terhadap Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza, Palestina, yang menewaskan warga sipil.

Menurut Retno, Indonesia meminta semua pihak yang memiliki hubungan dekat dengan Israel menggunakan pengaruhnya untuk menghentikan kekejaman tersebut.
“Indonesia mengutuk sekeras-kerasnya serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang menewaskan sejumlah warga sipil,” kata Retno Marsudi pada, Selasa, 21 November 2023.

Retno menilai, serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional. “Semua negara, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Israel, harus menggunakan segala pengaruh dan kemampuannya, untuk mendesak Israel menghentikan kekejamannya,” katanya.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara
IDFIsraelJalur GazaMenko Polhukam Mahfud MDMenlu RI Retno MarsudiMiliter Israel (IDF)RS Indonesia di Jalur Gaza