Lahan Tidak Terawat di Wilayah Desa Bereng Jun Terbakar

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Telah terjadi kebaakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kilometer 109, ruas Jalan Palangka Raya-Tumbang Talaken, wilayah Desa Bereng Jun, Kecamatan Manuhing pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Api dengan cepat menyebar dan membakar lahan tidur yang ditumbuhi  semak belukar diantara dua perkebunan kelapa sawit milik masyaraat tersebut. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun di duga kuat akibat kelalaian manusia.

Seperti diketahui, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, puncak El Nino akan terjadi sekitar November-Desember 2023. Kemudian puncak musim kemarau 2023 terjadi sekitar Agustus hingga September.

Sementara itu, BMKG Kalimantan Tengah mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi kemudahan terjadinya Karhutla. “Di imbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun,” melansir dari laman resmi BMKG Kalimantan Tengah, Jumat 11 Agustus 2023.

BMKG Kalimantan Tengah memperkirakan untuk tiga hari kedepan cuaca di seluruh wilayah Kalimantan Tengah berawan dengan suhu 22-33 °C dengan tingkat kelembapan antara 50- 100 %.

penulis: cnb
editor: alfrid u gara
BMKG Kalimantan TengahDesa Bereng JunEl NinoKarhutlakebaakaran hutan dan lahan