Majukan IPM Bidang Pendidikan, Pemerintah Kabuaten Sukamara Dirikan PSDKU 

SUKAMARA,CanalBerita -Guna memajukan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM bidang pendidikan di Kabupaten Sukamara. Pemerintah setempat mendirikan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Pontianak (PolNep). 

Tim Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya, Direktorat Jenderal Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) datang dan bertemu langsung Bupati Sukamara untuk melakukan verifikasi dan klarifikasi atau Visitasi.

Hadir juga dalam Visitasi tersebut Direktur Politeknik Negeri Pontianak yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Sukamara dan Gedung Balai Pelatihan Guru (BPG) yang rencananya akan digunakan sebagai kampus dan asrama mahasiswa serta dosen.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan keberadaan PSKDU PolNep di Sukamara selain untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kabupaten Sukamara.

Sementara itu IPM Sukamara saat ini sudah mencapai 68,94 juga untuk mendorong capaian standar pelayanan minimal baik dalam pelayanan baik dibidang pendidikan maupun kesehatan

“Hal ini telah sesuai dengan visi kedua pembangunan Kabupaten Sukamara yaitu mewujudkan sumberdaya manusia Sukamara yang terdidik dan sehat,” ujar Windu Subagio, Sabtu 25 Februari 2023.

Windu juga menyatakan bahwa adanya PSDKU Polnep adalah untuk memberikan kemudahan akses pendidikan terutama perguruan tinggi bagi masyarakat di Kabupaten Sukamara.

“Sesuai hasil responden masyarakat di Sukamara ini sangat berharap adanya PSDKU Polnep ini, karena lulusan SLTA berkisar 700 orang kurang lebih, yang berkemampuan kuliah diluar daerah hanya 10 sampai 15 persen saja,” terang Windu Subagio.

Penulis: bs
Editor: alfrid u. gara
Bupati SukamaraIndeks pembangunan ManusiaPoliteknik Negeri PontianakPSKDU PolNepWindu Subagio