Pramuka Kwarran Baamang Dilatih Mengenal Jenis Ular

SAMPIT, CanalBerita – Pramuka Andalan Kwartir Ranting (Kwarran) Baamang mengikuti pelatihan mengenal jenis ular dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Minggu 4 Desember 2022.

Kepala Kwarran Baamang Dadang H Syamsu menyampaikan kegiatan tersebut dalam upaya memberikan pengetahuan pertolongan dan pengenalan jenis-jenis ular yang berbisa dan tidak berbisa kepada Andalan Ranting dan Dewan Kerja Ranting Baamang.

“Instruktur dari Damkar, sedangkan peserta adalah pramuka dewan kerja Ranting Baamang,” kata Dadang.

Pelatihan ini guna meningkatkan kapasitas dan mendalami kepandaian terkait mengevakuasi ular, baik berbisa maupun tidak berbisa.

Dengan pelatihan ini, para anggota pramuka lebih meningkatkan kemapuan saat berhadapan dengan satwa liar dan hewan berbisa lainnya, serta bagaimana penanganan jika terjadi insiden nantinya.

Nanti juga nanti mereka akan bisa mendalami karakteristik berbagai macam ular, terutama ular berbisa bagaimana cara menangkap dan jarak aman ketika mengevakuasi.

“Kami juga berharap nantinya para anggota pramuka lebih mencintai satwa liar dan mampu melakukan penanganan dan pengilangan ular maupun binatang berbisa lainnya,” pungkasnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan beritasampit.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab beritasampit.co.id.
Kotawaringin TimurPramuka Kwarran Baamang