Sepekan Kedepan Palangka Raya Berpotensi Hujan

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya melalui Prakirawan, Lian Adriani mengimbau masyarakat Palangka Raya untuk lebih waspada sepekan kedepan.

Pasalnya, tanggal 13-19 Juli 2022 wilayah tersebut berpontensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang. Dikarenakan suhu udara berkisar antara 23°C – 33°C dengan kelembaban udara berkisar antara 60% – 100%.

Kemudian angin umumnya bertiup dari arah Timur Laut – Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 10 – 20 km/jam.

Disebutkan Lian Adriani, wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 13-15 Juli 2022 terjadi di Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Pulang Pisau, Kapuas dan Palangka Raya.

Kemudian pada tanggal 16-19 Juli 2022, terjadi di Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Pulang Pisau, Kapuas dan Palangka Raya.

“Memang hasil pantauan, Palangka Raya akan terjadi hujan sepekan kedepan yaitu mulai tanggal 13-19 Juli 2022 nanti. Dari intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan berpetir,” sebut Lian Adriani kepada canalberita.com melalui pesan singkat whatsapp, Rabu 13 Juli 2022.

Jadi masyarakat diminta waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Kalimantan Tengah. Waspada potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah.

Dan waspada adanya pertumbuhan awan konvektif (awan Cumulonimbus) yang dapat berpotensi hujan sedang hingga lebat, dan menimbulkan angin kencang, serta menambah tinggi gelombang di wilayah pesisir dan Perairan Selatan Kalimantan Tengah. (CNB1)

BMKGPalangka Raya