Lahan Ibu Kota Baru Mulai Dikavling-Kavling Bulan Depan

JAKARTA, canalberita.com–Pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur akan mulai pada Agustus 2022 ini. Pada bulan Juli akan ada penandatanganan kontrak untuk pembangunan.

Hal ini diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat ditemui usai acara First Announcement 10th WWF, di Gedung Kementerian PUPR, Jumat (8/7/2022).

“Agustus sudah mulai land development, itu hasilnya seperti kavlingan seperti ini untuk istana, ini kementerian apa, kantor wapres di sini. Jadi kalau presiden kesana sudah bisa sampaikan kami bikin rumah sakit di sini, kamu bikin hotel di sini,” kata Basuki.

Basuki menjelaskan pada akhir Juli rencana untuk pembangunan jalan akses ke IKN sudah mulai terkontrak. Berlanjut pada Agustus ada penandatanganan kontrak untuk pembangunan Istana Kepresidenan.

“Minimum pada tanggal 15 Juli mulai ada kontrak untuk land development, diikuti kontrak lain, jalan tol, jalan nasional, istana kepresidenan hingga kantor kementerian,” jelas Basuki.

Dengan dimulainya rencana pembangunan IKN ini dan bergulirnya proyek pembangunan infrastruktur, diharapkan serapan tenaga kerja juga semakin besar.

“Nanti pada puncaknya tahun ini berarti akan ada 200 ribu lapangan pekerjaan dari pelaksanaan infrastruktur pada tahun ini,” jelasnya.

Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk pengembangan kota pemerintahaan Indonesia ini mencapai Rp 53 triliun sampai 2024, dan tahun ini sekitar Rp 5,7 triliun.

Sumber: cnbcindonesia

Ibu Kota NegararaIKNKalimantan TimurPenajam Paser