Masyarakat di Imbau Sembelih Hewan Kurban di RPH

PALANGKA RAYA, Canal Berita —  – Sebentar lagi masyarakat akan melaksanakan idul adha di mana pada momen ini masyarakat pasti akan melaksanakan ibadah dengan memotong hewan kurban, seperti sapi dan kambing. Namun saat ini kondisinya berbeda di mana virus PMK yang sedang menyerang hewan ternak terutama sapi membuat khawatir masyarakat.

Maka dari itu, Anggota DPRD Palangka Raya, HM Khemal Nasery mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di rumah potong hewan (RPH). Hal ini terkait dengan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak termasuk sapi, kambing dan domba yang kerap dipilih sebagai hewan kurban saat momentum Hari Raya Kurban.

“Selain itu juga karena masih dalam masa pandemi Covid-19 dengan munculnya Subvarian Omicron. Akan lebih baik kalau penyembelihan dilakukan di RPH saja, selain mengurangi resiko pada virus PMK juga mengurangi kerumunan saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban nantinya,” katanya, Kemarin.

Sejujurnya dirinya juga memahami bahwa secara kultural dan kebiasaan, umumnya penyembelihan hewan kurban dilakukan di masjid dan musala dengan lokasi yang biasanya berada di sekitar pemukiman. Namun melihat kondisi saat ini sebaiknya lebih waspada.

“Memang rasanya kurang afdal ya, kalau kemudian misalnya ada kurban kemudian tidak dipotong di masjid atau di musala. Memang memang ada perasaan, rasa tidak puas tapi ketika musim wabah seperti ini ya mencegah itu lebih baik,” ungkapnya.

Meski dirasa tak mudah untuk melaksankan itu ia mengaku optimis jika hal tersebut dapat dilakukan terlebih jika pemerintah bisa mengambil ketegasan dan mau menggandeng ormas-ormas islam untuk menyosialisasikan hal tersebut.

“Meski berbagai pihak telah menyatakan bahwa tidak ada transmisi virus tersebut dari hewan ke manusia, namun masyarakat untuk tetap waspada. Selain itu juga saat ini varian baru covid muncul sehingga lebih baik mengurangi kerumunan sementara,” ucapnya. (k1)

Idul AdhaPalangka RayaPMK