Pj Bupati Gumas Meminta Partisipasi Aktif Masyarakat Memonitor Layanan di Posyandu

KUALA KURUN,CanalBerita– Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, Posyandu menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan yang sangat penting, terutama bagi ibu hamil, balita, dan calon pengantin (Catin).

Pejabat (Pj) Bupati Gunung Mas (Gumas), Herson B Aden, meminta partisipasi aktif seluruh pihak, mulai dari camat, lurah, kepala Puskesmas, hingga kader di desa dan kelurahan, untuk memonitor cakupan sasaran yang mendapat layanan di Posyandu.

“Tugas camat adalah memastikan bahwa target kehadiran setiap bulan terpenuhi, dengan persentase minimal 90 persen. Lurah dan kepala desa juga diharapkan untuk ikut andil dalam menggerakkan masyarakat, khususnya sasaran ibu hamil, balita, dan catin, untuk datang ke Posyandu. Sedangkan kepala Puskesmas bertugas memastikan semua pemerintahan desa dan kelurahan terkait target kehadiran ke Posyandu,”ungkapnya, Senin 10 Juni 2024.

Tahapan Pilkada 2024

Selain itu kata dia, peran penting juga dimiliki oleh kader Posyandu, TPK, dan KPM, yang diharapkan dapat melakukan penimbangan dan pengukuran, serta memberikan edukasi tentang pencegahan stunting bersama tenaga kesehatan.

“Kader di desa dan kelurahan harus dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Jika ditemukan ibu hamil, balita, dan catin yang berisiko masalah gizi, kader harus segera melakukan rujukan ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi,”bebernya.

Disebutkannya, dalam pencapaian Visi Indonesia Emas Tahun 2045, maka pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal utama dan suatu keharusan.

“Kita harus dapat mempersiapkan generasi kita 20 tahun ke depan dengan sumber daya manusia yang kuat, sehat dan cerdas. Generasi yang lahir pada saat ini adalah mereka yang akan berperan dan memegang peranan penting pada tahun 2045 nanti,”tegas dia.

Lebih lanjut dikatakannya, kokohnya jaringan kelembagaan Posyandu sangat diperlukan agar dapat menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat, khususnya bagi sasaran ibu hamil, balita, dan calon pengantin.

“Dibutuhkan kerja keras dan dedikasi dari seluruh pihak. Bersama-sama, kita bisa menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera dengan memenuhi target sasaran yang diharapkan kita bersama,”tutup Herson B Aden.

 

Penuis: cnb1
Editor: alfrid u gara