Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dewan Barito Utara Dukung DLH Bagikan Bibit Tanamanan

MUARA TEWEH,CanalBeritaAnggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muhtar mengapresiasi serta mendukung  Pemerintah Kabupaten Barito Utara yang telah membagikan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) 600 bibit tanaman, kompos dan pupuk cair kepada dinas instansi, TNI – Polri, generasi muda dan komunitas lingkungan.

“Sangat mendukung dan mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara yang telah membagikan bibit tanaman kepada TNI/Polri, generasi muda dan komunitas lingkungan yang ada di daerah ini,” kata Mustafa Joyo Muhtar, padaSabtu, 8 Juni 2024..

Mustafa Joyo Muhtar menuturkan, pembagian bibit tanaman tersebut dalam upaya pemulihan lahan sangat erat kaitannya dengan aksi penyelesaian krisis iklim yang berbasis pada inovasi dan prinsip keadilan.

Di sisi lain, kata dia, prinsip keadilan menekankan bahwa manfaat dari pemulihan lahan harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Menurut Mustafa Joyo Muhtar, lingkungan yang baik dan sehat bukan tanggung jawab pemerintah saja, namun secara bersama-sama oleh akademisi, dunia usaha, masyarakat, generasi muda dan juga pers.

“Langkah aksi ini harus direalisasikan agar mendapatkan pengakuan dunia untuk menciptakan konektivitas aksi di tingkat global serta sinkronisasi pelaksanaan agenda lingkungan di berbagai aspek,” kata politisi Partai Gerindra ini.

Seperti diketahui, pembagian bibit dan pupuk tersebut bagian dari rangkaian  peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati pada 5 Juni 2024 lalu. Tema yang diusung  adalah “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

 

Penulis: adv
Editor: alfrid u gara