Fraksi PKB dan PPP Menerima Raperda Pengelolaan Persampahan untuk Selanjutnya Dibahas Bersama Eksekutif

MUARA TEWEH,Canalberita-Fraksi-fraksi pendukung DPRD Barito Utara dari Fraksi PKB dan PPP memberi catatan dalam pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengelolaan Persampahan yang berlangsung dalam Rapat Paripurna II DPRD Barito Utara.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui juru bicaranya Suhendra menyarankan,  Raperda Pengelolaan Persampahan yang sedang dibahas dapat membentuk perilaku masyarakat yang memahami dan mengerti masalah seputar kebersihan lingkungan.

Selain itu, Perda nantinya dapat membentuk masyarakat aktif berpartisipasi dalam mewujudkan kebersihan di lingkungan bersama, masyarakat mau mengikuti prosedur dan tata cara pemeliharaan dan perawatan kebersihan.

Untuk itu, Fraksi PKB menerima Raperda untuk selanjutnya dibahas bersama pemerintah daerah, sehingga produk hukum yang akan ditetapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, pemerintah daerah dan akan mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Sebangun sekata dengan Fraksi PKB, Fraksi PPP juga menerima Raperda untuk selanjutnya dibahas bersama eksekutif. Namun demikian, Fraksi partai berlambang Kabah ini tetap memberi tiga catatan.

Pertama, Fraksi PPP menyoroti masih lemahnya pengawasan pemerintah daerah terhadap penangan sampah khususnya di wilayah pasar-pasar, dan masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai masih banyak yang membuang sampah sembarangan.

“Diharapkan dengan dibuat dan diberlakukannya perda ini nanti, dapat memberikan suatu kekuatan hukum dalam pelaksanaan pengelolaan persampahan, hal ini tentu saja harus berimbang dengan kinerja dari pihak terkait,” kata Nuriyanto.

Kedua, Fraksi PPP meminta kepada Pemerintah Daerah agar membuat dan mengelola bank sampah, agar sampah yang didaur ulang bisa lebih bermanfaat. Ketiga, Fraksi PPP juga menilai perlu diatur untuk TPS dan TPA di setiap Desa yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara.

 

Penulis: adv
Editor: alfrid u gara