DPRD Apresiasi Peresmian Perpustakaan Kabupaten Gunung Mas

KUALA KURUN,CanalBerita – Perpustakaan memegang peran penting dalam memajukan suatu daerah karena di sinilah masyarakat dapat menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Di Kabupaten Gunung Mas, gedung perpustakaan yang baru diresmikan diharapkan dapat menjadi ruang belajar terbuka bagi seluruh masyarakat.

“Saya berharap, perpustakaan tersebut dapat dipergunakan semaksimal mungkin sebagai wadah belajar bagi masyarakat, dengan memanfaatkan gedung perpustakaan, masyarakat dapat mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan wawasan serta kemampuan belajar,”ungkap Ketua Komisi III DPRD Gunung Mas, Iceu Purnamasari, Senin 3 Juni 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, melalui perpustakaan dapat juga, akan membantu dalam membangun komunitas dan menjadi tempat pertemuan bagi masyarakat.

Tahapan Pilkada 2024

“Seperti yang diketahui, membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan seseorang. Hal ini memperjelas bahwa perpustakaan adalah gudang ilmu yang harus didorong hingga ke komunitas,”bebernya.

Legislator dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini meyebutkan, Kabupaten Gunung Mas berpotensi menjadi daerah yang gemar belajar jika masyarakat aktif memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber pengetahuan.

“Perpustakaan diharapkan menjadi kunci utama dalam menggerakkan gerakan literasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengetahuan masyarakat, walaupun dalam era digital seperti saat ini, di mana informasi mudah diperoleh melalui internet, perpustakaan tetap memiliki peran penting sebagai sumber pengetahuan bagi masyarakat,”tutupnya.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Gunung Mas meresmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah yang berada di Jalan Yos Sudarso Kuala Kurun, Kecamatan Kurun.

Peresmian terbatas operasional layanan gedung perpustakaan umum daerah Kabupaten Gunung Mas, yang pembangunannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan subbidang perpustakaan tahun 2023.

PEmbangunan Kabupaten Gunung Mas bukan hanya pada sektor infrastruktur melainkan juga sektor sumber daya manusia (SDM) untuk menuju Gunung Mas smart human resources dan terwujudnya visi dan misi Kabupaten Gunung Mas yaitu meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia salah satunya dengan menyediakan sumber pengetahuan masyarakat melalui perpustakaan umum daerah.