Dewan Harapkan Masyarakat Mengamalkan Nilai Pancasila dalam Kehidupan

KUALA KURUN,CanalBerita-Anggota DPRD Gunung Mas Rayaniatie Djangkan mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan peringatan hari lahir pancasila sebagai momentum untuk mempererat persatuan dan kesatuan.

Dikatakannya, pancasila menjadi ideologi yang mampu menyatukan masyarakat dari segala perbedaan dan keberagaman. Pancasila sebagai landasan untuk lebih mempererat persatuan dan kesatuan.

“Kami minta masyarakat untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan, karena itu merupakan ideologi bangsa yang tetap jaya dan tidak pernah tergantikan ideologi apapun,” ungkap Rayaniatie Djangkan, Senin 3 Juni 2024.

Tahapan Pilkada 2024

Lebih lanjut dikatakannya, pancasila harus terus dipertahankan, dihormati, dan dihayati dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang harus diterapkan oleh seluruh elemen masyarakat serta menjadi pedoman hidup dan acuan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban.

“Kami ingin masyarakat khususnya generasi muda bisa memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Harus diamalkan dan dijaga dengan sungguh-sungguh, karena Pancasila merupakan penuntun menghadapi tantangan perkembangan zaman,” bebernya.

Saat ini kata dia, tantangan terbesar yang dihadapi generasi muda adalah bahaya peredaran narkoba yang merusak masa depan. Agar mereka bisa terhindar, maka harus dibentengi dengan nilai-nilai pancasila.

“Untuk itu, kami ingin nilai-nilai Pancasila harus bisa dimasukkan ke sistem kemasyarakatan, berbangsa, bernegara, dan diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan,” ujarnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini meminta kepada seluruh pihak, khususnya yang ada di Kabupaten Gunung Mas agar menghayati kembali Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.

“Walau kita terdiri atas berbagai suku, agama, ras dan lainnya, namun kita harus selalu bersatu. Jangan sampai perbedaan yang ada malah memecah belah, karena kita adalah saudara sebangsa dan setanah air,” tutup Rayaniatie Djangkan.

Penulis: adv/cnb1
Editor: alfrid u gara

Anggota DPRD Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan