Anggota DPRD Kalteng Dorong Pemda dan Masyarakat Mengoptimalkan Pengelolaan Sektor-sektor Ekonomi

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Anggota Komisi II DPRD Kalteng Lohing Simon mendorong pemerintah daerah dan  masyarakat  memanfaatkan sektor yang bernilai ekonomi dengan sebaik mungkin.

Bacalon Bupati Gunung Mas ini menjelaskan, sektor yang bernilai ekonomi seperti misalnya UMKM, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain-lainnya  perlu pengembangan secara optimal.

“Memanfaatkan sektor-sektor tersebut akan dapat memberikan dampak terhadap perekonomian daerah maupun masyarakat.  Jadi dari segi pengembangan perlu dioptimalkan,” jekasnya, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Menurut Lohing Simon, dalam memanfaatkan sektor yang bernilai ekonomi tentu ada berbagai cara yang dapat dilakukan, terlebih lagi pemanfaatan lahan yang dinilai merusak namun bisa memberikan keuntungan bagi perekonomian daerah dan masyarakat sekitar.

“Contohnya bekas tambang galian C, kita melihat ini merusak.  Tapi jika dimanfaatkan akan memberikan nilai ekonomi, misalnya dijadikan sebagai tempat budidaya atau kolam ikan dengan pengelolaan yang baik,” ucapPolitisi PDI Perjuangan ini.

Ia meyakini, apabila bekas-bekas tambang galian C dimanfaatkan dengan baik, maka hal itu akan dapat menjadi peluang usaha baru atau membuka lapangan kerja bagi masyarakat, sehingga gal seperti ini perlu dipikirkan.

“Yang pasti untuk mewujudkan itu diperlukan kerja sama baik pemerintah maupun pemilik lahan, dan yang paling penting ada perizinan jelas mengenai pemanfaat peluang usaha tersebut,” tandasnya.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara