15 Oknum Polisi Masuk Dalam DPO, Inilah Wajah dan Daftar Namanya

MEDAN,CanalBerita-Tugas utama seorang Polisi yaitu memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat. Selain itu, seorang Polisi menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayom dan pelayan masyarakat.

Namun berbanding terbalik dengan belasan personil kepolisian ini. Mereka  malah berperilaku berlawanan dengan tugas utamanya sebagai  seorang Polisi.  Menegakkan hukum justru menjadi pelaku pelanggar hukum.

Seperti yang dilakukan 15 personel Kepolisian Resor Kota Besar Medan, Sumatera Utara. Mereka merupakan komplotan yang terlibat tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang kini sudah masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO Polda Sumatera Utara.

Tahapan Pilkada 2024

Dilansir dari kompas.com, wajah belasan orang ini pun sudah diperlihatkan di papan pemberitahuan Kepolisian Resor Kota Medan.  Dalam papan itu disebut 15 orang tersebut sudah meninggalkan tugasnya.

Sebagian dari polisi ini menjadi buronan karena terlibat dalam perampokan bermodus jual beli sepeda motor dengan cara cash on delivery (COD). Perampokan ini terjadi pada Oktober 2022.

Ada tiga polisi yang sudah ditangkap terlebih dahulu dalam kasus ini yaitu Bripka Ari Galih Gumilang, Briptu Haris Kurnia Putra, dan Bripka Firman Bram Sidabutar.

Kepala Subbidang Penerangan Masyakarat Kepolisian Daerah Sumatera Utara AKBP Sonny W Siregar mengatakan, sebagian dari 15 orang tersebut masuk ke dalam komplotan yang sebelumnya sudah ditangkap.

“Mereka masuk ke dalam daftar pencarian orang karena terlibat perampokan termasuk komplotannya ini,” kata Sonny, Selasa (18/6/2024).

Namun, tidak disebut secara rinci polisi mana saja yang dicari karena kasus itu.

Berikut nama 15 polisi yang jadi buronan:

1. Bripka Sutrisno
2. Bripka Ari Galih
3. Aiptu Sutarso
4. Bripka Riswandi
5. Brigadir Afriyanto Maha
6. Brigadir Sapril
7. Brigadir Muhammad Ade Nugraha
8. Brigadir Jefri Suzaldi
9. Brigadir Eliot TM Silitonga
10. Brigadir Muladi
11. Brigadir Refandi
12. Briptu Haris K Putra
13. Bripda Erdi Kurniawan
14. Bripda Hasanuddin Sitohang
15. Brigadir Rudianto Ginting.

penulis: cnb

editor: alfrid u gara