Manfaat Vitamin E untuk Kulit, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

CANALBERITA.COM-Apakah kamu pernah mendengar tentang keajaiban minyak vitamin E untuk kulit?

Ya, vitamin E bukan hanya untuk diminum atau didapatkan dari makanan saja, tetapi juga dapat digunakan secara langsung pada kulit.

Minyak vitamin E ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang menginginkan kulit sehat, lembap, dan bersinar. Mari kita bahas lebih dalam mengenai manfaat dan cara penggunaannya.

Tahapan Pilkada 2024

Apa itu minyak vitamin E?

Minyak vitamin E adalah minyak yang larut dalam lemak yang dapat dibuat secara alami dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati, seperti minyak bunga matahari, atau secara buatan dari tokoferil asetat.

“Tidak seperti beberapa minyak topikal, minyak vitamin E tidak diformulasikan secara khusus untuk perawatan kulit,” kata Dr. Michael I. Jacobs, dokter kulit bersertifikat dan Profesor Dermatologi di Weill Cornell Medical College.

“Produk yang diformulasikan untuk perawatan kulit akan memiliki campuran bahan dan minyak tertentu untuk merawat kulit dengan risiko reaksi yang rendah,” lanjutnya.

Banyak minyak yang umum digunakan dalam produk perawatan kulit, seperti minyak zaitun atau minyak almond, juga secara alami memiliki kadar vitamin E yang tinggi, menjadikannya pengganti yang baik.

Manfaat minyak vitamin E untuk kulit

Menariknya, kita bisa menemukan minyak vitamin E di dalam tubuh. Ini adalah komponen alami dari kulit dan sebum, dan merupakan kunci kesehatan kulit. Sayangnya, vitamin E akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Menurut Geeta Yadav, dokter kulit bersertifikat dan pendiri FACET Dermatology, vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit kita dari radikal bebas yang rusak akibat faktor lingkungan seperti UV dan polusi.

Hal ini membantu mencegah penuaan dini pada kulit, termasuk garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik hitam, dan kelemahan kulit.

“Vitamin ini juga menawarkan sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu memperbaiki penampilan dan tingkat keparahan kondisi kulit yang meradang seperti eksim dan jerawat,” jelasnya.

“Terakhir, minyak ini membantu mendukung pelindung kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih seimbang, sehat, dan ternutrisi.”

Manfaat yang kita dapatkan dari mengoleskan vitamin E secara topikal sama dengan manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsinya secara oral. Vitamin E dikirim dari tubuh ke kulit  melalui sebum.

Dr. Yadav mengatakan bahwa banyak orang mungkin merasa lebih mudah untuk mengonsumsinya sebagai suplemen. Tidak hanya kulit yang akan mendapatkan manfaat yang sama, tetapi kita juga akan memberikan manfaat vitamin E ke seluruh tubuh (termasuk sifat antioksidan dan anti-inflamasi).

Cara menggunakan minyak vitamin E untuk kulit

Ada beberapa cara untuk menggunakan minyak vitamin E pada kulit. Pilihan pertama adalah dengan mengoleskannya langsung ke kulit sesering yang kamu inginkan. Tapi pastikan untuk melakukan uji coba produk sebelum melakukan aplikasi ke seluruh wajah.

Sumber: Kompas.com