Ini Nama Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas yang Mendaftar di PDI Perjuangan

KUALA KURUN,CanalBerita-Pemungutan suara dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 atau Pilkada 2024 akan di gelar pada 27 November 2024 mendatang. Partai politik mulai melakukan penjaringan bakal calon (Bacalon) kepala daerah sejak April lalu.

Sejumlah nama yang akan maju di Pilkada Gunung Mas mulai bermunculan. Ada yang mendaftarkan diri sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas di Partai Politik setempat.

Khusus melalui PDI Perjuangan Gunung Mas, terdapat sejumlah nama kandidat yang bersaing merebut tiket calon Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas dari partai berlambang banteng moncong putih dalam lingkaran tersebut.

Tahapan Pilkada 2024

Pendaftar pertama sebagai Bacalon Bupati Gunung Mas ada nama Berkat Dj. Usup berlatar belakang pengusaha, pendaftar kedua Jaya S. Monong berlatar belakang politisi Partai Golkar, pengusaha dan mantan Bupati Gunung Mas 2019-2024.

Selanjutnya ada nama Lohing Simon berlatar belakang pengusaha, politisi PDI Perjuangan yang kini kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah periode 2024-2029.

Bacalon Wakil Bupati Gunung Mas yang mendaftar melalui PDI Perjuangan ada nama Akerman Sahidar. Akerman sendiri berlatar belakang Politisi PDI Perjuangan yang kini menjabat Ketua DPRD Gunung Mas yang juga tokoh masyarakat Rungan Manuhing.

Berikutnya ada nama Lily Rusnikasih, Haji Gumer dan Edison D Kenting. Ketiganya merupakan kader senior partai besutan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang juga Presiden RI kelima. Selanjutnya ada nama Efrensia L.P Umbing yang merupakan mantan Wakil Bupati Gunung Mas 2019-2024.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan telah membuka  pendaftaran calon kepala daerah yang dimulai sejak tanggal 1 April hingga berakhir Mei 2024 berdasarkan Surat DPP Nomor 6027 tahun 2024 tentang penjaringan bakal calon atau Bacalon kepala daerah dalam Pilkada 2024.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteg Sigit Karyawan Yunianto menyebutkan,  pendaftaran Bacalon Kepala Daerah baik tingkat provinsi atau tingkat kabupaten/kota dapat dilakukan di DPD PDIP Kalteng atau DPC PDI Perjuangan di wilayah masing-masing.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, pendaftaran penjaringan Bacalon kepala daerah juga dibuka peluang untuk calon dari luar atau eksternal yang merupakan figur atau tokoh masyarakat, termasuk kader partai lain, namun tetap dengan mekanisme yang harus dilalui.

“Bacalon yang mendaftar nantinya akan mengikuti  fit and proper test. Bahkan bisa melakukan survei untuk mendalami figur atau tokoh yang sudah mendaftar untuk mengetahui peta kekuatan masing-masing figur,” jelasnya pada Rabu, 3 April 2024 lalu.

 

Peluang Bacalon Memperoleh Tiket PDI Perjuangan

Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas yang mendaftar di PDI Perjuangan memiliki peluang yang sama mendapatkan tiket maju di Pilkada 2024. Namun jika dilihat dari latar belakang masing-masing nama pendaftar, Lohing Simon memiliki peluang yang lebih unggul karena merupakan kader PDI Perjuangan.

Untuk pasangan waki nantil, Lohing Simon usai mendaftar sebagai Bacalon Bupati di Kantor DPW PAN Kalimantan Tengah memastikan pendampingnya nanti mewakili masyarakat Gunung Mas dari wilayah Rungan Manuhing. “Yang jelas saya, kita ambil dari keluarga warga kita dari Rungan Manuhing” tukasnya.

Sementara Bacalon Bupati Jaya S Monong yang juga Ketua DPD Partai Golkar Gunung Mas jauh-jauh hari telah menegaskan diri akan kembali maju berpasangan kembali dengan Efrensia L.P Umbing.

“Saya dengan Ibu Efrensia LP Umbing sudah mantap, sudah sepakat, maju bersama di pemilihan kepala daerah Kabupaten Gunung Mas tahun 2024, melanjutkan pembangunan di wilayah ini,” kata Jaya, Jumat, 25 Agustus 2023 lalu dikutip dari mediadayak.id.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara