Dewan Barito Utara Dorong Dinas Terkait Memperluas Lahan Persawahan

MUARA TEWEH,CanalBerita-Untuk meningkatkan produksi beras, Anggota DPRD Barito Utara Edi Fran Aji mendorong Dinas Pertanian Barito Utara memperluas lahan persawahan di daerah setempat.

Saat ini Barito Utara memiliki sentra produksi padi dengan sitem irigasi, yakni di  Kecamatan Montallat, Gunung Timang dan Teweh Selatan dan Kecamatan Teweh.

“Sedangkan di enam Kecamatan lainnya, hanya sebagian dan bahkan tidak ada. Karena di enam kecamatan ini para petani hanya menggunakan sistem padi ladang dan luasan areanya ribuan hektar,” kata Edi Fran Aji, pda Kamis, 23 Mei 2024.

Dikatakannya, untuk menunjang pertanian dengan padi sawah memang memerlukan pengairan yang cukup salah satunya saluran irigasi yang dibangun oleh pemerintah daerah.

“Memang untuk jaringan irigasi setiap tahun terus dibenahi. Begitu juga ketersediaan bibit dan pupuk untuk menunjang hasil produksi terus diadakan,” kata Edi Fran Aji.

Saat ini, kata dia, Dinas Pertanian sedang melakukan perbaikan baik untuk Jalan Usaha Tani (JUT) maupun areal persawahan baik untuk padi ladang juga padi sawah.

“Perbaikan yang kita maksud yaitu dengan menambah luasan sawah juga padi ladang. Juga ketersedian pupuk dan obat obatan yang dibutuhkan para petani,” kata Edi.

Ia juga menjelaskan, setiap kali melaksanakan kunjungan kerja sesuai dengan komisi yang membidangi masalah pertanian, dirinya banyak menerima aspirasi dari warga. Baik untuk ketersediaan pupuk juga alat pertanian lainnya.

“Apa yang petani sampaikan melalui aspirasi sudah kita sampaikan kepada Dinas Pertanian. Hal ini tidak lain agar apa yang disampaikan para petani direalisasikan,” katanya.

Penulis: adv
Editor: alfrid u gara