Barak Lima Pintu di Kota Sampit Habis Terbakar

SAMPIT,CanalBeritaPeristiwa kebakaran pemukiman penduduk kembali terjadi di Kalimantan Tengah. Setelah peristiwa kebakaran di Komplek Perumahan Sosial Jalan Mendawai Kota Palangka Raya, pada Selasa, 28 Mei 2024 kini kebakaran terjadi  di Kota Sampit, Kotawaringin Timur pada Rabu, 29 Mei 2024.

Dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul pukul 07.30 WIB tersebut, api membakar sebuah bangunan barak 5 pintu di belakang Panti Asuhan Aninda Qolbu, Jalan Jaya Wijaya, Kecamatan Baamang.

Beruntung api tidak sempat melebar ke bangunan di sekitar barak 5 pintu tersebut. Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kotawaringin Timur dan relawan berhasil memadamkan sekitar pukul  08.30 WIB.

Seorang saksi yang pertama kali mengetahui peristiwa itu terjadi, bernama Sri Rahayu yang merupakan penghuni barak nomor 1 mengungkapkan telah melihat asap mengepul dari kamar barak nomor 2 sekitar pukul 07.30 WIB.

“Saya saat mencuci pakaian di belakang, saya mendengar kresek-kresek sepertinya kucing bermain kabel atau apa,” ungkap Sri Rahayu.

Saat itu, lanjut Sri rahayu, barak nomor 2 dalam keadaan kosong  karena ditinggal bekerjaoleh penghuninya dan hanya terkunci dengan besi kecil lalu dia kemudian membuka pintu kamar dan melihat api menyala dari bawah kasur.

“saya panik, kemudian memanggil  tukang bangunan yang tak jauh dari barak. Mereka berupaya memandamkan api sembil menunggu pemadam datang. Tapi karena bangunan terbuat dari kayu membuat api cepat merambat menghabiskan barak 5 pintu ini,” jelasnya.

Dia memastikan, kamar barak nomor 2 tersebut ditempati adiknya dan di dalam kamar tersebut tak ada kompor atau lampu di tempat api berasal. Karena adiknya selalu menumpang masak di kamar barak nomor 1 yang dia tempati.

“Semua habis terbakar, termasuk kartu identitas tak sempat saya selamatkan. Hanya kursi kayu yang sempat saya selamatkan,” ucapnya, tertunduk sedih di depan kamar barak yang dia tempati.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara