Tantangan Pembangunan Harus Dapat Dihadapi Untuk Menciptakan Kalteng Maju

PALANGKA RAYA,CanalBerita – Kondisi geografis Kalimantan Tengah atau Kalteng yang cukup luas menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah di provinsi ini untuk melakukan pemerataan pembangunan.  Namun hal itu akan dapat dilalui apabila ada upaya maksimal yang dilakukan.

Anggota DPRD Kalteng Henry M Yoseph mengatakan, tantangan pembangunan harus dapat dihadapi oleh pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota untuk menciptakan Kalteng maju.

“Pemerintah daerah harus tetap maksimal dalam melaksanakan pembangunan, tantangan itu harus dapat dihadapi, karena sudah menjadi tugas pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat dengan pembangunan yang dilakukan,” ujarnya, Jumat, 8 Desember 2023.

Lebih lanjut Henry berujar,  pembangunan tidak hanya berbicara terkait infrastruktur saja.  Namun juga hal lainnya dan salah satu yang paling penting, yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar bisa memiliki kapasitas memadai dalam rangka mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

“Salah satu tantangan yang perlu juga dihadapi yaitu pembangunan SDM kita. Suatu daerah akan lebih cepat maju apabila memiliki SDM berkualitas karena pengangguran dan kemiskinan otomatis akan berkurang, ini yang perlu menjadi perhatian serius,” ucapnya.

Selain itu untuk mendorong pemerataan pembangunan, pemerintah tentu tidak dapat berjalan sendiri. Dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan, sehingga dapat menciptakan program pembangunan yang terintegrasi serta berjalan dengan baik dan maksimal.

Penulis: cnb2
Editor: afrid u gara