Karyawan Pencuri Enam Sertifikat Tanah PT WUL Ditangkap Polisi

KUALA KAPUAS,CanalBerita-Diduga mencuri sertifikat tanah milik PT Wira Usahatama Lestari (PT WUL), seorang karyawan berinisial MI (43), warga Kecamatan Kapuas Barat ditangkap Polisi.

MI  ditangkap oleh unit gabungan  Resmob Polres Kapuas, Resmob Polres Pulang Pisau dan Polsek Jabiren di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, pada tanggal 27 November 2023  lalu.

Penangkapan karyawan PT WUL ini bermula dari  laporan pihak perusahaan ke kepolisian setelah mengetahui kehilangan sejumlah sertifikat tanah yang disimpan di kantor PT WUL di Jalan Trans Kalimantan Mandomai – Mantangai Sei baru III, Kecamatan Kapuas Barat.

“Pelaku yang diketahui merupakan pekerja atau staff di perusahaan tersebut juga sudah kami amankan bersama barang bukti berupa sertifikat tanah untuk proses lebih lanjut,” beber Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono melalui Kasatreskrim APK Iyudi Hartanto, Rabu, 29 November 2023.

Lebih lanjut, Kasatreskrim menjelaskan kronologis kejadian itu diketahui terjadi  pada  tanggal 12 Mei 2021 dan Oktober 2023 di kantor PT WUL.

“Sebanyak 6 sertifikat tanah milik PT WUL yang ditaruh di dalam lemari arsip kantor hilang. Atas kejadian tersebut pihak PT. WUL mengalami kerugian kulang lebih sebesar Rp 34 juta,” rincinya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, terduga di bidik dengan  Pasal 362 KUHPidana tentang Tindak Pidana Pencurian dengan ancaman hukuman  maksimal 5 tahun penjara.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara