Pengumuman Hasil Tes Calon Anggota Bawaslu Wilayah I Kalteng Tunggu Bawaslu RI

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Hasil pelaksanaan seleksi tertulis melalui sistem komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT) dan Psikotes  Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wilayah I Kalteng yang telah di laksanakan pada tanggal 21 – 28 Juni 2023 lalu masih menunggu pengiriman dari Bawaslu RI.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Wilayah I Kalteng yang meliputi Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau,  Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya Dr. Aprianto, M.Pd melalui pesan whatsapp, pada Selasa 11 Juli 2023.

Aprianto menjelaskan, jika sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan sebelumnya, Timsel seharusnya telah menerima hasil seleksi CAT dab Psikotes pada tanggal 9 Juli 2023 lalu dan diumumkan pada Tanggal 10 atau 11 Juli 2023 ini.

Tahapan Pilkada 2024

“Sampai saat ini, kami dari Temsel belum menerima hasil tersebut, sehingga terpaksa pengumuman kita tunda sebentar. Karena, menurut hasil koordinasi kami dengan pihak Bawaslu RI bahwa hasil tes tersebut juga terlambat diserahkan oleh Badan Kepegawaian Negeri (BKN) selaku penyelenggara tes tertulis,” jelasnya.

Lebih lanjut Aprianto  menjelaskan,  hasil tes CAT dan Psikotes tersebut akan di akumulasi sehingga dikeluarkan secara bersama – sama. Dimana, saat ini Timsel baru menerima berita acara hasil test tertulis esai dengan skor 40 persen dan nanti akan di tambah dengan nilai pilihan ganda.

“Kami dari Timsel belum bisa melaksanakan pleno untuk empat kali kebutuhan. Kalau nilai seleksi seperti hasil CAT pilihan ganda dan psikotes ini belum kami terima,” tukasnya.

Terkait keterlambatan pengumuman hasil,  Timsel  turut menyayangkan. Karena akibat keterlambatan akan memberi dampak kurang baik bagi para peserta yang mana para calon anggota Bawaslu ini tidak hanya berasal dari daerah kota Palangka Raya, namun juga dari luar kota.

“Apabila dalam waktu dekat ini kami telah menerima hasil tersebut, maka segera kami tindak lanjut dan juga umumkan hasilnya agar kawan – kawan peserta dapat segera menyiapkan lagi langkah – langkah atau agenda selanjutnya,” ucapnya.

 

penulis: cnb
editor: alfrid u gara