15.088 Penumpang Terangkut Selama Libur Lebaran 2023 Melalui Pelabuhan Panglima Batur Kumai

PANGKALAN BUN,CanalBerita -Selama arus mudik H-15 sampai dengan H+4 Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah mengangkut penumpang dari Pelabuhan Panglima Batur Kumai, Kotawaringin Barat dengan tujuan Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Perak  Surabaya sebanyak 15.088 orang penumpang.

“Alhamdulillah berkat dukungan dan dukungan semua pihak, khususnya semua dinas terkait yang ada di Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupate Kobar dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang serta Tanjung Perak Surabaya, kami berhasil selamat mengangkut penumpang sebanyak 15.088 orang,” kata Kepala Cabang PT Pelni Pangkalan Bun /Kumai Rony Abdullah, Kamis 27 April 2023.

Menurut Rony Abdullah, jumlah penumpang yang paling banyak tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dimana untuk angkutan lebaran sejak  H-15 sampai dengan H+15 sebanyak 25 call.

“Sementara jumlah penumpang yang terangkut hingga H+15 sebanyak 20 ribu penumpang. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 atau sebelum terjadinya Pandemi Covid-19,” ungkap Rony Abdullah.

Roni Abdullah juga mengucapkan sangat bersyukur karena selama kegiatan angkutan mudik lebaran tahun 2023 ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Karena sangat terbantu dengan adanya armada tambahan yakni KM Leuser dan KM Binaya sehingga tidak ada penumpang yang tertinggal.

“Kegiatan angkutan arus balik lebaran mulai tanggal 25 April sampai dengan tanggal 8 Mei 2023, PT Pelni telah melayani sebanyak 13 panggilan dengan jumlah penumpang di prediksi mencapai 19.089,” ucapnya.

“Atas nama jajaran PT.Pelni Cabang PBun dan Kumai, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang mengelola kepelabuhan, karena semua fasilitas baik untuk armada maupun kebutuhan penumpang semuanya tersedia dengan baik, seperti dermaga sandar, air tawar, truk sampah untuk pengangkutan sampah dari kapal, petugas Pandu sampai dengan terminal tunggu untuk penumpang semuanya baik-baik saja,“ imbuh Rony.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI-POLRI yang telah memberikan pelayanan pengamanan dengan baik, sehingga pada saat penumpang membludak, alur masuk penumpang telah direkayasa dengan sempurna sehingga tidak ada yang berdesakan, tertib dan lancar. 

Penulis: ria
Editor:alfrid u. gara