Eny Susilowati: Kegiatan Mapala Bentuk Nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi

PALANGKA RAYA, CanalBerita-Wakil Rektor III Universitas PGRI Palangka Raya, Eny Susilowati mengatakan, sebagai pembina dirinya mendukung penuh kegiatan pengembangan diri dari unit kegiatan mahasiswa atau UKM seperti Mahasiswa Pecinta Alam atau MAPALA.

“Saya mendukung semua kegiatan tetutama kegiatan yang sifatnya pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, ini adalah bentuk nyata dari tri dharma perguruan tinggi,” ucap Eny Susilowati saat menyampaikan arahan pada upacara pelepasan peserta pendidikan dan latihan dasar  atau Diklatsar  Angkatan ke – V MAPALA Universitas PGRI Palangka Raya tahun 2023 pada Jumat, 13 Januari 2023.

Sebagai Pembina, dirinya  juga selalu mengingatkan kepada mahasiswa dan mahasiswi  menjaga nama baik diri sendiri, organisasi dan Kampus PGRI Palangka Raya selama mengikuti kegiatan. Oleh karenanya ia berharap agar peserta Diklatsar  Angkatan ke – V Mapala Universitas PGRI Palangka Raya tahun 2023 mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan memperhatikan kondisi fisik masing masing.

“Anak-anakku hanya kalian yang mengetahui kondisi fisik kalian sendiri dan kalian harus bersungguh-sungguh mengikuti Diklatsar ini. Pendidikan ini tentunya berat, kalian harus mengasingkan diri untuk belajar hal baru kalian akan ditempa dalam perjalanan panjang. Lembah, jurang, sungai, danau, jalan aspal hingga jalan setapak semua akan kalian hadapi,” pesan Wakil Rektor III Universitas PGRI Palangka Raya ini.

Lebih lanjut dia berharap kepada para peserta setelah mengikuti Diklatsar  Angkatan ke – V Mapala Universitas PGRI Palangka Raya tahun 2023  dapat mengembangkan diri, membawa prestasi dan mengembangkan organisasi itu sendiri.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Mapala Comodo FEB UPR yang menjadi Mitra dan Instruktur selama kegiatan berlangsung, saya menitipkan semua Peserta dan Panitia tetap mejaga keadaan diri masing-masing berangkat sehat, pulangnya juga tetap sehat ,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Mapala PGRI Palangka Raya, Turus Panatau dalam laporannya mengatakan, peserta Diklatsar ke-V  Mapala PGRI Palangka Raya tahun 2023 diikuti sebanyak 10 orang mahasiwa yang berasal dari berbagai Fakultas di Universitas PGRI Palangka Raya.

Menurut dia, tema yang diusung dalam Diklatsar ke-V Mapala PGRI Palangka Raya tahun 2023 ini yaitu; “Generasi Tangguh, Totalitas dan Berkualitas”.

Seperti diketahui Mahasiswa Pecinta Alam atau Mapala adalah satu di antara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus-kampus, termasuk di lingkungan kampus Universitas PGRI Palangka Raya. Mapala bergerak di bidang olahraga alam bebas dan pelestarian lingkungan hidup.

Penulis: Jumarta Wijaya Jangkang
Editor : Alfrid U. Gara