Warga Desa Pelangsian Harpkan Ada SMA Negeri

SAMPIT, Canal Berita -Warga Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur mengharapkan ada  SMA negeri di wilayah itu. Harapan warga tersebut disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 4 Sampit, Suyatmi.

“Ini merupakan keinginan masyarakat di sekitar sini, terutama wali murid sekolah SMA Negeri d sinii,” kata Suyatmi, Rabu 23 November 2022.

Suyatmi mengatakan,  saat ini SMA Negeri hanya ada di Kota Sampit, sedangkan SMP Negeri 4 Sampit tiap tahun siswa-nya terus bertambah banyak. Saat ini jumlah pelajar SMP Negeri 4 sebanyak  896 orang dengan 23 kelas.

“Jumlah siswa kita di bagian selatan Kota sampit ini  terus bertambah jumlahnya. Sementara mereka ingin belajar di SMA Negeri, kalaupun mau masuk SMA harus menempuh jarak yang cukup jauh ke Kota Sampit,” lanjutnya.

Perlunya SMA negeri di wilayah itu, ucap Suyatmi, kebijakan pemberlakuan sistem zonasi sehingga kecil kemungkinan siswa lulusan SMP Negeri 4  bisa melanjutkan ke jenjang SLTA Negeri di Kota Sampit.  

Oleh karenanya ia berharap, perlunya pemerintah setempat memikirkan pembangunan SMA Negeri di tempat itu. “Perlunya penyiapan sekolah yang sama dan setara mutunya dengan sekolah yang selama ini dianggap unggul atau favorit,” tukasnya.

Dirinya menambahkan, sudah menyampaikan keinginan warga setempat kepada Bupati Kotim, H Halikinnor. Kendati dirinya memahami, untuk SMA dibawah  Pemeritah Provinsi.

“Saya sudah menyampaikan harapan keinginan masyarakat kepada Bupati, kemudahan permohonan permohonan orang siswa ini terkabulkan,” pungkasnya.

 

Penulis : RedCNB/BS 
Editor  : Alfrid U. Gara