Tekan Laju Inflasi, Pemerintah Kota Palangka Gelar Operasi Pasar Murah

PALANGKA RAYA, Canal Berita--Guna menekan laju inflasi di Kota Palangka Raya, pemerintah setempat melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPUKMKP) menggelar operasi pasar pasar bahan pokok murah.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, DPKUKMP Kota Palangka Raya Hadriansyah berharap, melalui operasi pasar murah, laju inflasi di wilayah Kota Palangka Raya dapat dikendalikan seminimal mungkin.

“Pelaksanaan operasi pasar terakhir, kami laksanakan di Kelurahan Palangka Raya dengan jumlah 300 paket bahan pangan dan di halaman Pasar Kahayan 700 paket,” jelasnya, Rabu 23 November 2022..

Ia merinci, harga  satu paket bahan pangan diual kepada warga  dengan harga Rp100.000 dari harga asli Rp 142.000. “Artinya untuk setiap paket, pemerintah memberikan subsidi senilai Rp 42.000,” rincinya.

Setiap paket bahan pangan murah itu, lanjutnya, terdiri dari 5 Kg beras premium, 2Kg  gula, dan 2 Liter  minyak goreng. “Setiap orang hanya dibatasi dapat membeli satu paket,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, operasi pasar ini akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 dengan menyasar beberapa kelurahan dan kecamatan di Kota Palangka Raya.

Selain untuk mengatasi inflasi, menurut dia, pelaksanaan operasi pasar itu juga sebagai upaya pemerintah “Kota Cantik” untuk menstabilkan harga pangan pada momen Natal dan tahun baru.

Dia mengatakan, sampai akhir tahun nanti, DPKUKMP Kota Palangka Raya juga menyiapkan 30.000 paket sembako murah yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu di daerah setempat.

“Total kita ada 30.000 paket sembako. Penyalurannya kami lakukan melalui program pasar murah sembako yang dilaksanakan dalam dua tahap iklan,” kata Hadriansyah.

Penulis : RedCNB/BS 
Editor  : Alfrid U. Gara