Media Korea Terkejut Shin Tae Yong Siap Mundur dari Timnas Indonesia

Media Korea terkejut Shin Tae Yong siap mundur dari Timnas Indonesia untuk mendukung Ketua PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule mendapat desakan mundur dari suporter sepak bola Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab terhadap Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022.

Shin Tae Yong kemudian buka suara di media sosial yang mengundang kontroversi. Ia mengaku siap mundur jika Iwan Bule juga mundur. Komentar STY pun mendapat reaksi keras dari netizen.

“Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong, yang mencapai hasil bagus di Indonesia, membuat pernyataan mengejutkan,” tulis Xsportnews.

Media tersebut juga menyebut ratusan korban Tragedi Kanjuruhan tewas karena penindasan dan kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

“Sebanyak 181 [132-red] orang tewas dalam proses penindasan dan kerusuhan di Kanjuruhan. Ini adalah korban tewas tertinggi kedua di lapangan sepak bola sejak insiden di Peru pada 1964 yang menewaskan 330 orang.”

Media Korea itu kemudian memaparkan pernyataan lengkap Shin Tae Yong di Instagram yang memicu kontroversi di kalangan netizen.

“Seseorang yang sangat mencintai sepak bola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI,” ujar Shin Tae Yong dalam postingan di Instagram.

“Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri,” ucap Shin Tae Yong menambahkan.

Pernyataan STY memang terbilang mengejutkan penggemar sepak bola Indonesia. Meski performa Timnas Indonesia menanjak di tangan sang pelatih, sebagian besar netizen rela ditinggal demi rasa kemanusiaan terhadap korban Tragedi Kanjuruhan.

(sumber: cnnindonesia.com)