Ketua Dewan Kota Minta Tanamkan Nilai Pancasila Sejak Dini

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Pengenalan nilai Pancasila harus dimulai sejak dini. Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

Yaitu seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Nilai Sosial. Sehingga diharapkan anak-anak memiliki perilaku yang baik dan rasa menghormati kepada orang tua.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini, Pancasila sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari bangsa. Sehingga harus dipedomani dan diajarkan kepada anak-anak usia dini.

“Jika nilai Pancasila sudah ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita, maka doktrin yang masuk dapat terbendung. Karena saat ini mulai muncul intoleransi, radikalisme dan politik identitas di tengah masyarakat,” terang Sigit.

Disampaikan Sigit, jika dalam diri seseorang nilai Pancasila nya kendor, maka sangat mudah memecah belah persatuan dan kesatuan antar sesama.

“Kita jangan diam, kita harus gelorakan semangat ber-Pancasila untuk mengentaskannya. Kita lihat sekarang ini banyaknya oknum yang ingin memecah belah keberagaman yang kita miliki, makanya kita perkuat dengan nilai Pancasila dan kita tanamkan nilai-nilai terkandung dalam Pancasila,” sebut Sigit.

“Saya berpendapat jaga dan rawatlah Pancasila dan kenalkan sejak dini pada anak didik,” tutup Sigit. (c2/cnb)