Di Tengah Inflasi Ketersediaan Bapok Dipastikan Tercukupi

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Di tengah-tengah terjadinya inflasi, ketersedian pasokan bahan pokok secara keseluruhan di Kota Palangka Raya masih stabil serta tercukupi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perdagangan dari Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Hadriansyah.

Menurut Hadriansyah, mengapa dirinya mengatakan masih stabil dan mencukupi, karena selama ini pihaknya terus memonitor dan memantau, sekaligus bekerjasama dengan distributor, agen dan pedagang guna memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Kota Palangka Raya.

“Langkah yang kita lakukan adalah memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok tidak melambung naik signifikan, karena pergerakan harga hanya menyesuaikan harga BBM,” sebut pria yang akrab disebut Adau itu, Rabu 21 September 2022, kemarin.

Dijelaskan Hadriansyah, selain memastikan ketersedian bahan pokok pihak juga berupa dalam menekan inflasi yaitu dengan memberikan subsidi bahan pokok melalui operasi pasar murah di setiap kelurahan.

Sedangkan langkah lainnya, yaitu dengan memperkuat kerjasama antar daerah atau instasi, seperti sekarang ini Dinas Pertanian tengah melakukan pengembangan komoditas unggulan, antara lain budidaya bawang merah dan cabai yang selama ini kerap memicu inflasi.

Kerja sama antar daerah menurut Adau, diyakini dapat mempercepat pembangunan daerah, peningkatan perekonomian daerah, serta memperkuat jaringan kerjasama antara pemerintah daerah, swasta dan masyarakat serta pelaku usaha guna menekan laju inflasi.

“Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menekan angka inflasi. Dalam arahan beliau juga, yakni Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), dimana salah satu fokus programnya adalah perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD) dan itu sedang dicanangkan,” tutupnya. (CNB1/*)