Dewan Harapkan Pemerintah Mengakomodir Aspirasi Masyarakat

KUALA KURUN,canalberita.com-Pemerintah daerah belum semua mengakomodir  aspirasi yang datang dari masyarakat melalui wakilnya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Kedati demikian, kalangan Anggota DPRD Gunung Mas tetap meminta masyarakat mengusulkan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten hingga pusat.

Menurut Wakil Ketua I DPRD Gumas Binartha,  agar aspirasi masyarakat terakomodir harus adanya formula. Khususnya ketika penyusunan rencana pembangunan, maka aspirasi yang diajukan bisa terakomodir.

“Kami mengharapkan harus ada cara atau formula yang harus kita tangkap pada saat melaksanakan reses ke daerah kemudian dapat diajukan. Artinya aspirasi masyarakat yang di daerah itu perlu diakomodir. Sehingga usulan yang ada menjadi acuan pemerintah untuk realisasi pembangunan,” ucap Binartha, belum lama ini.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan,  dalam merealisasi itu perlu anggaran yang memadai atau dana besar. Namun, bukan berarti anggaran yang terbatas selalu jadi alasan.

Kemudian, ketika usulan masuk harus bisa dipilih dan dipilah. Sehingga, program jangka pendek, menengah dan panjang dapat terpenuhi.

“Pemerintah bisa memilih dan memilah yang mana yang bisa direaliasi yang cepat. Ada juga realisasinya lama karena tidakl terlalu mendesak, akan tetapi masyarakat juga jangan bosan menyampaikan aspirasi itu,” jelasnya.

(C1/CNB)