Daya Saing Minyak Sawit Malaysia Kalah dari Indonesia

KUALA LUMPUR, Canal Berita — Dalam hal daya saing, minyak sawit asal Malaysia kalah dari Indonesia. Lantaran Pemerintah Indonesia telah mengurangi pungutan ekspor, yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar fokus untuk menguras stok karena mereka membangun kelebihan persediaan dalam beberapa bulan terakhir. Jelas, mereka telah mengurangi itu.

Akibatnya, eksportir Malaysia merugi. Pertama-tama, basis harga [Indonesia] lebih rendah ketimbang yang ditawarkan Malaysia,” kata David Ng, dari Iceberg X Sdn Bhd.

Bahkan, Indonesia telah memperpanjang pengabaian pungutan minyak sawit selama dua bulan hingga 31 Oktober 2022, untuk meningkatkan ekspor minyak sawit.

Sebab itu kedepan tutur Davis Ng, kemungkinan Malaysia juga akan memangkas pungutan ekspor. MPOB memiliki harga acuan untuk CPO. Jika harga acuan CPO terus turun, tentu saja bea keluar kena pajak untuk minyak sawit Malaysia juga akan turun.

Berdasarkan harga referensi selama beberapa minggu terakhir, cukup jelas bahwa kita harus menerapkan pengurangan pajak,” kata Ng seperti dilansir InfoSAWIT dari The Edge Markets.

Struktur pajak ekspor minyak sawit Malaysia mulai dari 3% untuk CPO dalam kisaran RM 2,250 hingga RM 2,400 per ton. Tingkat maksimum ditetapkan pada 8% untuk harga yang melebihi RM 3,450 per ton.

David Ng menambahkan bahwa CPO terus diperdagangkan dengan potongan harga yang signifikan dibandingkan minyak kedelai pada US$ 593 per ton, meskipun ia memperkirakan bahwa ini bisa menurun menjadi sekitar US$ 300.

Jika melihat minyak nabati, minyak sawit sepertinya paling menarik dari segi harga. Jika Anda melihat minyak sawit hingga minyak kacang, perbedaan harganya sekitar US$ 600 dan tidak bisa lebih dari itu. Walau perbedaan harga bisa saja dikurangi menjadi US$ 300,” katanya.

Lebih lanjut tutur David, pada akhirnya, kita harus melihat minyak sawit memainkan peran yang lebih besar dalam pasar minyak nabati karena masih sangat melimpah. “Serta harganya lebih murah dibandingkan dengan minyak nabati lainnya,” katanya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan infosawit.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab infosawit.com.