Cegah Kerusakan Jalan lebih Parah, Ini Saran Ketua DPRD Gumas  Untuk Dinas Terkait

KUALA KURUN,canalberita.com–Ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya mengalami rusak parah. Dulu jalan mulus beraspal kini di sejumlah titik berubah menjadi kubangan lumpur. Kerusakan jalan diakibatkan dari aktivitas angkutan dengan beban yang melebihi tonase jalan. Seperti angkutan Batu Bara dan Kayu Log.

Menyikapi masalah ini, masyarakat Gunung Mas melalui wakilnya di DPRD Gunung Mas memberikan masukan kepada  Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Kabupaten Gunung Mas agar mengadakan  timbangan dan uji KIR.

Saran itu dikemukan oleh Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar, lantaran  banyaknya angkutan dari kendaraan  yang over dimension over loading (Odol) untuk mengantisipasi ruas jalan yang lebih parah lagi. Apalagi saat ini sedang dalam perbaikan.

“Karena banyaknya kendaraan angkutan dari PBS yang over dimension over loading, maka pihak DLHKP kabupaten Gumas untuk bisa mengadakan alat timbangan dan uji KIR, sehingga itu dapat mengatisipasi kerusakan jalan kita di Gumas,” ucap Akerman Sahidar, Kamis (8/9).

Pada kesempatan yang sama,  Politisi PDI Perjuangan ini meminta kepada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) setempat agar melakukan pengawasan ke sekolah-sekolah terkait keaktifan murid dan guru menjalani proses belajar mengajar pasca diliburkan karena pandemi virus Covid-19.

“Agar Disdikpora tetap awasi secara berkala sekolah-sekolah di tingkat dasar dan menengah pasca Covid -19. Bagi yang tidak ataupun belum melaksanakan proses belajar mengajar dan guru-guru yang tidak aktif mengajar agar di tegur dan diberikan sangsi sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

(C1-CNB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.