Awas Perang China-Taiwan, Pelosi Resmi Bertemu Tsai Ing Wen

JAKARTA,canalberita.com-Ketua DPR Amerika Serikat (AS) resmi datang ke Taiwan. Pesawat yang membawanya sampai di bandara Taipe Selada malam.

Dalam update terbaru CNBC International, Rabu (3/8/2022), ia bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Tsai disebut berterima kasih kepada Pelosi atas dukungannya terhadap “nilai-nilai demokrasi” di pulau itu.

Kunjungan ke Taiwan menjadikan Pelosi sebagai sosok tertinggi AS yang resmi mengunjungi wilayah itu dalam 25 tahun. Ini menarik kemarahan China yang menyebut langkah itu sebagai pelanggaran kebijakan satu-China dan campur tangan dalam urusan internal China.

Tsai mengatakan dia berkomitmen untuk bekerja dengan AS atas keamanan di selat Taiwan dan kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas. Ia berjanji untuk memperdalam kerja sama ekonomi dan ketahanan rantai pasokan dengan AS.

Sementara itu saat bertemu Wakil Ketua Parlemen Taiwan, Tsai Chi Chang, Pelosi mengatakan ia membawa misi damai ke kawasan. “Kami datang dalam persahabatan ke Taiwan,” tegasnya.

China sendiri sudah memanggil Duta Besar AS Nicholas Burns ke kementerian luar negeri Selasa malam. Ia memperingatkan bahwa Washington “akan membayar harganya”.

“Langkah ini sangat mengerikan dan konsekuensinya sangat serius,” kata Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng seperti dikutip oleh kantor berita Xinhua.

“China tidak akan tinggal diam.

Sumber: cnbcindonesia