Kembangkan EBT Berbasis Sawit, Holding PTPN Gandeng Pertamina dan KIS

JAKARTA , canalberita.com– Holding PTPN III (Persero) serius mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT) berbasis limbah kelapa sawit.

Untuk itu, pihak holding telah melakukan kerjasama dengan dua perusahaan yakni PT KIS Biofuels Indonesia dan PT Pertamina Power Indonesia.

Hal itu disampaikan pihak Holding PTPN III melalui akun Twitter-nya, Rabu (29/6/2022), seperti diperoleh InfoSAWIT.

Disebutkan, dalam upaya mendukung pengembangan EBT, Holding mencanangkan pengembangan BioCNG berbasis limbah cair kelapa sawit (POME).

Untuk itu direncanakan membangun enam unit pabrik BioCNG baru berkapasitas total 1,3 juta mmBTU/tahun hingga 2026 mendatang.

Nah, PKS Mayang milik PTPN IV menjadi salah satu pengembang pabrik BioCNG dengan kapasitas produksi sebesar 210 mmBTU/hari.

“Bekerjasama dengan PT KIS Biofuels Indonesia, pabrik BioCNG diperkirakan selesai dibangun dan beroperasi pada Semester II tahun 2023 mendatang,” demikian keterangan pihak Holding.

Lalu, kerja sama tersebut dikukuhkan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Bangun Guna Serah (BGS) antara PTPN IV dengan PT KIS Biofuels Indonesia di Ballroom Lantai 18 Gedung Agro Plaza, Jakarta Selatan.

Selain PKS Mayang PTPN IV, PTPN III Holding juga melakukan inisiasi kerja sama dengan PT Pertamina Power Indonesia untuk pengembangan pabrik BioCNG di tiga unit PKS lainnya. Ketiga unit PKS tersebut antara lain, PKS Sei Silau PTPN III, PKS Bah Jambi dan PKS Gunung Bayu PTPN IV.

Sumber: infosawit.com