Intip Beda Gaya Putin Saat Terima Presiden Jokowi & Macron

JAKARTA, canalberita.com–Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan misi perdamaian ke dua negara yang sedang berkonflik, yakni Rusia dan Ukraina. Yang menjadi perhatian, Jokowi seolah diterima dengan lebih hangat saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko membandingkannya momen tersebut dengan pertemuan antara Putin saat bertemu dengan pimpinan negara lain. Salah satunya, saat Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman, Olaf Scholz.

Budiman membandingkannya momen tersebut melalui unggahan foto para pemimpin negara lewat akun sosial medianya. Dalam sebuah foto, terlihat Putin berdiskusi dengan Jokowi.

Jarak antar keduanya hanya terpisah meja kecil. Di atas meja kecil itu terdapat kertas, pulpen, dan hiasan bunga. Keduanya tampak bercengkrama dan tanpa mengenakan masker. Terlihat senyuman terpampang jelas di wajah Jokowi.

Sementara itu, pada unggahan foto yang lain, tampak Putin tengah menerima Emmanuel Macron. Saat pertemuan itu, Macron tampak mengenakan masker. Keduanya terlihat berdiri.

Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Moskow, Rusia, Senin, 7 Februari 2022. (Sputnik/Kremlin via REUTERS0
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Moskow, Rusia, Senin, 7 Februari 2022. (Sputnik/Kremlin via REUTERS0

Ada meja panjang yang memisahkan antara Putin dan Macron. Usut punya usut, rupanya kala itu, Macron sengaja duduk berjauhan dari Putin lantaran menolak untuk menjalani tes virus Corona (Covid-19) oleh Kremlin.

Pada foto lainnya, Putin terlihat menerima Kanselir Jerman, Olaf Scholz. Keduanya terlihat duduk di kursi namun dipisahkan meja yang sangat panjang, tampak seperti meja yang sama ketika Putin menjamu Macron.

“Beda saat menerima Presiden Prancis di meja panjang dengan kursi berjauhan, saat jumpa dengan pak @jokowi, Vlad Putin menerimanya di kursi berdekatan,” tulisnya, dikutip Sabtu (2/7/2022).

Seperti diketahui, saat bertemu Putin, Jokowi menyampaikan siap menjadi jembatan komunikasi antara Putin dan Presiden Ukraina, Zelensky. Meski situasi saat ini masih sangat sulit, Jokowi mengatakan penyelesaian damai sangat penting untuk terus dikedepankan.

“Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” ucap Jokowi.

Sumber: cnbcindonesia