Yandri Susanto Resmi Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Zulhas

JAKARTA, canalberita.com–Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto secara resmi telah dilantik menjadi Wakil Ketua MPR menggantikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Kamis (30/6).

Yandri dilantik oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pimpinan baru MPR dari fraksi PAN di ruang rapat MPR, Nusantara 4, kompleks parlemen.

“Selamat datang dan selamat menjalankan tugas kepada saudara Yandri menggantikan Zulkifli Hasan,” kata Bamsoet dalam prosesi pelantikan.

Pengangkatan Yandri berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor: 62/P Tahun 2022 tentang Peresmian Pengangkatan Antar Waktu Anggota DPR/MPR Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Dia mengisi posisi Zulhas yang sebelumnya telah diangkat menjadi Menteri Perdagangan baru menggantikan Muhamad Lutfi dalam reshuffle kabinet 15 Juni lalu.

“Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR dengan sebaik baiknya dan seadil adilnya,” kata dia.

Yandri sebelumnya merupakan Ketua Komisi VIII DPR yang membidangi urusan agama dan sosial. Namanya masuk dalam bursa pengganti Zulhas bersama Eddy Soeparno hingga Asman Abnur.

Dalam waktu dekat, posisi Yandri juga akan diisi wakil baru dari fraksi PAN. Namun, PAN belum mengumumkan kapan prosesi pergantian akan dilakukan.

Selain pelantikan Yandri, MPR juga menggelar pelantikan pergantian antarwaktu (PAW) sejumlah anggota MPR lain, yakni Batra, Difriadi, Riswantoni DK, dan Ravindra Airlangga.

Selain Bamsoet selaku Ketua, proses pelantikan juga dihadiri Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Arsul Sani, dan Jazilul Fawaid. Hadir juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) M Taufiq, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, pimpinan fraksi di DPR, MPR, dan DPD.

Sumber: CNN Indonesia