Wejangan Megawati & Prabowo untuk Gibran: Maju Pilgub Jateng atau DKI

JAKARTA, canalberita.com–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan wejangan untuk maju di pemilihan gubernur dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, serta Ketua DPR RI Puan Maharani.

Wejangan itu didapat Gibran saat bertemu dengan Megawati dan Puan di sekolah partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta serta berkunjung ke kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat beberapa hari lalu.

“(Dapat wejangan dari Puan-Megawati) Mbak Puan dan Ibu Mega, sama juga (disarankan maju pilgub),” kata Gibran kepada wartawan saat ditemui di GOR Sritex Arena, Minggu (19/6).

Gibran juga menerangkan, Prabowo menyarankan dirinya untuk maju di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) atau DKI Jakarta pada 2024 mendatang.

“Disarankan maju di salah satu provinsi (DKI Jakarta-Jateng). Salah satu (DKI Jakarta atau Jateng), di salah satu provinsi,” katanya.
Survei Charta Politika menyebut Gibran sebagai calon terkuat pengganti Ganjar Pranowo di kursi Gubernur Jateng.

Elektabilitas Gibran mengungguli sejumlah politisi senior lokal maupun nasional. Bahkan, ia diklaim unggul jauh dari Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

“Dalam simulasi calon Gubernur Jawa Tengah, nama Gibran Rakabuming Raka menduduki peringkat pertama dengan 28,5 persen masyarakat yang memilih namanya,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya melalui keterangan tertulis, Kamis (14/4).

Taj Yasin sementara itu tercatat menempati urutan kedua. Anak mendiang ulama Maimoen Zoebair itu hanya memiliki elektabilitas 11,3 persen.

Posisi ketiga ditempati Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang memiliki elektabilitas 6 persen. Selain itu, ada nama-nama seperti mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (3,7 persen) dan mantan Menteri ESDM Sudirman Said (3,6 persen).

PDIP sebelumnya pernah mengorbitkan sejumlah kadernya yang kemungkinan diusung dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sempat menyebut nama Gibran dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Dua nama itu kemungkinan berpeluang diusung PDIP pada Pilkada DKI mendatang.

“Bu Risma dalam kepemimpinan selama dua periode di Kota Surabaya mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. Mas Gibran beliau sudah terpilih sebagai Wali Kota Solo tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran,” kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Jumat (7/1) lalu.

Sumber: CNN Indonesia 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.