Waspada! Kasus Covid-19 di Palangka Raya Kembali Meningkat, 18 Orang Terkonfirmasi Positif

PALANGKA RAYA, canalberita.com – Setelah kasus penyebaran sempat merudup, masyarakat Kota Palangka Raya kembali dikagetkan meningkatnya kasus Covid-19 dalam kurun tiga hari terakhir ada sembilan kasus terkonfirmasi positif.

Hal tersebut disampaikan, Ketua Harian Satgas Covid-19 Palangka Raya, Emi Abriyani dalam releasenya 20 Juni 2022.

“Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 18 orang. Lima orang menjalani perawatan di rumah sakit dan 13 orang melakukan isolasi mandiri. Penyebab kenaikan adalah transmisi lokal, contohnya satu keluarga terkonfirmasi positif,” ungkap Emi yang juga menjabat Kepala BPBD Palangka Raya itu.

Disampaikan Emi, kasus tersebut merupakan transmisi lokal. Hal tersebut dikarenakan masyarakat mulai mengabaikan protokol kesehatan (Prokes), yaitu tidak menggunakan masker saat beraktifitas serta jarang mencuci tangan.

“Sekarang ini yang perlu diwaspadai adalah transmisi lokal. Apabila ada anggota keluarga melaksanakan perjalanan keluar kota untuk segera mengisolasikan diri sebelum beraktivitas atau sebelum berkumpul keluarga,” imbuh Emi.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap mengikuti program vaksinasi, karena vaksin sangat diperlukan khususnya sampai Booster. Dan katanya, pihaknya selaku Satgas Covid-19 akan mulai aktif kembali untuk sosialisasi pemakaian masker dan disiplin protokol kesehatan.

“Yang kita kwatirkan masuknya Covid-19 varian baru, memang sekarang belum ada di wilayah kita. Tetapi alangkah baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu,” tuturnya. (CNB1)