Pemko Harus Segera Minta Vaksin PMK

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi terus meluas, namun sampai saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya belum menerima vaksin PMK tersebut hingga saat ini. Hal ini membuat kalangan anggota DPRD Palangka Raya mendorong pemerintah untuk seger minta vaksin PMK tersebut.

Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita yang mendorong pemko untuk segera meminta vaksin PMK untuk mencegah samakin meluarnya penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satunya lewat memasifkan vaksinasi di berbagai kawasan.

“Distribusi vaksin ke Palangka Raya harus dilakukan cepat, masif dan merata ke berbagai kawasan. Hal ini untuk mencegah meluasnya penyebaran virus PMK yang mutasinya sangat cepat. Apalagi ada momentum Iduladha yang mana kebutuhan masyarakat akan hewan kurban juga meningkat,” katanya, Kamis (23/6).

Menurutnya srikandi DPRD ini, kondisi seperti ini bukan hanya merugikan para peternak namun juga meresahkan masyarakat yang akan menyembelih hewan kurban. Selain pasokan yang berkurang, tingkat kesehatan hewan juga membuat masyarakat cemas.

“Pmerintah agar memastikan tersedianya vaksin yang memadai untuk segera didistribusikan ke berbagai wilayah dan kota yang belum mendapatkan jatah vaksin. Karena langakah yang cepat dan tepat akan mengurangi penyebarannya,” ucapnya.

Politisi Perindo itu pun menyarankan pemerintah agar memutus rantai penularan PMK pada hewan, seperti mengetatkan mobilisasi hewan ternak yang datang dari luar daerah, serta memastikan hewan yang ada di suatu daerah negatif dari penyakit mulut dan kuku.

“Pemerintah perlu memikirkan tersedianya alternatif obat untuk meredakan penyakit dan menyembuhkan hewan yang terjangkit virus PMK,” tutupnya. (k1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.