Mudahkan Masyarakat Urus Dokumen Kependudukan dengan Program Sipelanduk Jebol

SUKAMARA, Canal Berita — Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukamara, Zainuddin mengatakan bahwa dampak upaya penertiban administrasi kependudukan di Kabupaten Sukamara, pihaknya memprogramkan Sipelanduk Jebol yaitu sistim pelayanan administrasi penduduk jemput bola.

Zainuddin menerangkan jika dengan Sipelanduk Jebol pihaknya datang ke desa-desa untuk memudahkan masyarakat dalam mengusur segala macam dokumen kependudukan.

Semua dokumen kependudukan, mulai dari KTP, KK, Akta Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya,” kata Zainuddin, Selasa 21 Juni 2022.

Zainuddin menjelaskan jika dalam mengurus dokumen kependudukan masyarakat tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis, sehingga pihaknya berharap masyarakat untuk datang langsung ke Dinas Dukcapil atau kecamatan serta mengikuti program Sepelanduk Jebol yang digelar beberapa kali dalam sebulan.

Kami laksanakan program Sipelanduk Jebol ini sebulan dua kali keliling desa, bisa lebih kalau ada desa atau kelurahan yang meminta pelayanan jebol,” kata Zainuddin.

Ini kami harapkan dapat memudahkan masyarakat karena tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Disdukcapil Sukamara, cukup ikut program Sipelanduk Jebol untuk mengurus dokumen kependudukan,” lanjut mantan Camat Sukamara itu.

Selain Dokumen Kependudukan sepeti KTP, KK dan Akta Kelahiran, Disdukcapil Sukamara terus melakukan jemput bola agar kepemilikan KIA di Bumi Gawi Barinjam bisa maksimal salah satunya adalah dengan menggendong sekolah mulai dari tingkat Taman kanak-kanak hingga SMP sederajat. (BS/CNB)