Menjelang Hari Raya Kurban, Pengawasan Penyakit Mulut dan Kuku Diperketat

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Pemerintah secara resmi telah memberikan imbauan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak, bahkan di Kalimantan Tengah penyakit tersebut sudah ditemukan dibeberapa kabupaten.

Terkait akan hal itu, Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Budi Santosa melalui Kapolsek Sabangau Iptu Dhini Fitriana Lestari lantas mempedomani apa yang jadi perhatian terkini.

Salah satu langkah yang diambil yakni dengan menyambangi sejumlah peternakan sapi dan kerbau yang ada di wilayah hukumnya.

Tahapan Pilkada 2024

“Kemarin peternakan yang kami kunjungi antara lain peternakan sapi milik Bapak H Sutrisno di Jalan Mahir Mahar Km 14 Kelurahan Kalampangan yang memiliki 130 ekor sapi,” ucap Iptu Dhini Fitriana Lestari, Sabtu 4 Juni 2022.

Kapolsek mengatakan, berdasarkan keterangan Kapuskeswan Drh Eko, hewan ternak yang berasal dari Bali tersebut telah melewati karantina selama 14 hari dan sudah dipastikan aman.

Lebih lanjut, Dhini menyampaikan kepada pemilik peternakan agar melaporkan kedatangan hewan ternak ke Puskeswan Kota Palangka Raya untuk diperiksa secara menyeluruh.

“Pengawasan lebih ketat kami lakukan, terlebih menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha. Kita beraharap semua hewan yang ada bebas dari PMK, jadi masyarakat tidak merasa takut untuk mengkonsumsinya,” imbuhnya. (CNB1)