Leger T. Kunum Terpilih Sebagai Damang Kepala Adat Tualan Hulu

SAMPIT, Canal Berita — Pemilihan Damang Kepala Adat di Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), pada intinya berlangsung sukses dan lancar.

Ada 3 calon yang berkompetisi untuk meraih suara terbanyak agar bisa menjabat sebagai Damang Kepala Adat masa bakti 2022-2027.

Adapun 3 calon itu yakni, nomor urut 1 atasnama Leger T. Kunum, nomor urut 2 atasnama Samsung Eneng, dan nomor 3 atasnama Hedie U. Gaman.

Selama pemilihan tidak ada kendala karena semua baik dari pemilih maupun para calon sudah memahami betul bahwa pemilihan ini secara demokrasi,” ujar Bupati Kotim yang diwakilkan Plt Kepala Dinas PMD Sutimin melalui rilis yang diterima redaksi media siber beritasampit.co.id, Kamis 16 Juni 2022, malam.

Sutimin menjelaskan, di Kecamatan Tualan Hulu terdapat 11 desa, di mana 11 itu terdiri dari kepala desa, ketua BPD, mantir desa, ditambah mantir kecamatan diberikan hak suara untuk memilih siapa kandidat yang dianggap pantas menjabat Damang pemangku adat di kecamatan tersebut.

Jumlah pemilih 36 orang terdiri dari 11 kades, 11 ketua BPD, 11 mantir desa dan 3 mantir kecamatan, totalnya 36 pemilih, dan tidak ada suara rusak,” kata Sutimin.

Setelah melalui proses pemilihan menggunakan kertas suara, tambahnya, akhirnya Leger T. Kunum memperoleh 28 suara, Samsung Eneng memperoleh 4 suara dan Hedie U. Gaman memperoleh 4 suara.

Sesuai aturan, siapa yang memperoleh suara terbanyak maka akan menjabat sebagai Damang Kepala Adat Tualan Hulu masa bakti 2022-2027,” tegas Sutimin.

Agar supaya roda pemerintah kecamatan berjalan stabil, lanjutnya, kepada calon yang terpilih hendaknya selalu berkoordinasi dalam hal ini camat beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Sebab, Damang Kepala Adat merupakan mitra kecamatan.

Kami mengucapkan selamat kepada calon yang terpilih dan bagi calon yang belum beruntung, kami harapkan hendaknya tetap mendukung dan tetap berkomunikasi dengan baik, karena siapa saja yang berkompetisi maka harus siap kalah dan siap menang,” tandasnya. (BS/CNB)