Lauching Aplikasi Smart Tax, Bupati Kotim Optimis PAD Capai Rp 500 Miliar

SAMPIT, Canal Berita — Target capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), tahun 2023 ada kenaikan. Semula ditargetkan hanya Rp 345 miliar per tahun menjadi Rp 500 miliar bahkan lebih.

Demikian disampaikan Bupati Kotim Halikinnor kepada wartawan media siber beritasampit.co.id usai membuka launching Smart Tax Kotim yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Sampit, baru-baru ini.

Halikin mengaku optimistis bahwa capaian PAD tahun 2023 meskipun ada kenaikan akan tetap tercapai dengan baik dikarenakan diberikan kemudahan pembayaran kepada wajib pajak.

Tahapan Pilkada 2024

Sebab, kata Halikin, pembayaran pajak daerah tidak lagi secara manual datang ke kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kotim melainkan sistem online melalui aplikasi berbasis android yang sudah disiapkan.

Kalau semua aplikasi pembayaran pajak ini berjalan semua target itu akan tercapai. Melalui aplikasi bisa menghindari kontak, menghindari Covid-19 bahkan meminimalisir penyelewengan pajak,” tegas mantan Sekda Kotim ini.

Halikin menambahkan, pembayaran pajak melalui aplikasi Smart TAX dianggap mampu meminimalisir penyelewengan pajak daerah karena pembayaran langsung masuk ke rekening kas daerah. (BS/CNB)