Dewan Kalteng Dorong Pemda Tingkatkan Infrastruktur Menuju Sentra Pertanian

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Anggota Komisi I DPRD Kalteng, Sirajul Rahman mendorong pemerintah daerah (pemda) agar dapat mendukung peningkatan infrastruktur menuju sentra pertanian khususnya di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

Dirinya menjelaskan, wilayah DAS Barito memiliki potensi besar dalam pengembangan pertanian. Akan tetapi, tanpa adanya dukungan infrastruktur seperti akses jalan yang memadai, tentu akan sangat menyulitkan aktivitas pertanian di wilayah tersebut.

Akses ini penting, misalnya saja di daerah Barsel, masyarakat mengeluhkan sulitnya memasarkan hasil pertanian karena minimnya akses yang bisa digunakan. Kondisi ini bisa berdampak negatif pada perekonomian masyarakat khususnya para petani di sana,” katanya melalui rilis yang diterima pada, Selasa 7 Juni 2022.

Tahapan Pilkada 2024

Dia menambahkan, dukungan infrastruktur terhadap sentra pertanian seperti halnya food estate di Kapuas maupun Pulang Pisau merupakan langkah tepat dan patut diapresiasi. Namun, perhatian tidak serta merta dilakukan pada wilayah tersebut saja.

Wilayah Kalteng memiliki potensi sumber daya pertanian yang merata di setiap daerah. Untuk itu, sangat diharapkan dukungan pemerintah bisa dilakukan secara merata. Sehingga, pengembangan pertanian dapat dioptimalkan.

Setiap desa yang memiliki potensi pertanian kami minta infrastruktur jalannya diperhatikan, supaya dalam beraktivitas masyarakat petani bisa lancar tanpa kendala. Sehingga, akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian maupun kesejahteraan,” pungkasnya. (BS/CNB)