Calon Jemaah Haji Sukamara dapat Bantuan Pemda

SUKAMARA, Canal Berita — Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara Rendy Lesmana mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukamara akan memberikan bantuan berupa fasilitasi keberangkatan kepada para calon jamaah haji yang akan berangkat pada pertengahan Juni 2022.

Kita fasilitasi para calon jamaah haji kita dengan bus kapasitas 23 orang meskipun yang berangkat hanya delapan orang saja, karena selain para jamaah ada pendamping ada petugas lain yang ikut serta juga,” jelas Rendy Lesmana.

Selain keberangkatan dari Sukamara menuju Embarkasi di Banjarmasin Kalimantan Selatan difasilitasi oleh Pemda setempat, juga bantuan tenaga kesehatan.

Tahapan Pilkada 2024

Nanti juga ada pendukung seperti tenaga kesehatan maupun petugas haji daerah. Begitupun pulangnya akan difasilitasi dari embarkasi ke Sukamara menggunakan penerbangan pesawat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukamara H. Misbah melalui Kasie Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sukamara Toni Saputra mengatakan bahwa para calon jamaah haji juga mendapatkan bantuan transportasi dan akomodasi dari pemerintah daerah ke embarkasi pemberangkatan.

Dari pemerintah ada bantuan juga mulai dari keberangkatan sampai nanti tiba di tanah air,” ucapnya.

Toni juga menerangkan jika para calon jamaah haji sudah melunasi BPIH tahun 2021 tadi maka mereka yang berangkat hanya melakukan konfirmasi pelunasan ke Bank Syariah Indonesia (BSI). Mereka tidak perlu lagi membayar kekurangan BPIH tahun 2022 ini, karena akan disubsidi oleh pemerintah melalui nilai manfaat.

Memang ada penambahan biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 ini dibanding tahun lalu. Namun selisih biaya itu disubsidi oleh pemerintah, sehingga mereka hanya konfirmasi sudah melunasi saja ke BSI,” tukasnya. (BS/CNB)