BPBD Barito Timur Terima Sarana Penanggulangan Bencana

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, menerima sarana dan logistik berupa mobil, kendaraan, pompa air dan tandon lipat serta masker anti api dari BNPB.

Sarana dan logistik yang diterima itu untuk meningkatkan kinerja dalam keperluan menanggulangi bencana yang terjadi di wilayah ini,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Damkar Barito Timur Bertulumeus, Rabu 8 Juni 2022.

Menurutnya, sarana yang diterima merupakan usulan dari Pemkab Barito Timur melalui BPBD Damkar Barito Timur ke BNPB Pusat. Sarana yang digunakan itu juga akan digunakan dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Tahapan Pilkada 2024

Sarana lain yang diusulkan lagi antara lain perahu karet bermesin, tenda pengungsian dan kelengkapan lainnya. Sarana itu sangat bermanfaat dipergunakan dalam penanganan dan penanggulangan bencana banjir.

Usulan kita sampaikan kembali ke BNPB dan semoga apa yang kita sampaikan bisa diakomodasi,” kata Bertulumeus.

Kelengkapan sarana dan prasarana hingga fasilitas kerja akan menambah spirit personel BPBD Damkar Barito Timur dalam pelayanan publik, khususnya pelayanan kemanusiaan untuk masyarakat Kabupaten Barito Timur.

Sarana yang diterima itu pun , akan segera dioperasionalkan oleh BPBD Barito Timur, dan terkait biaya operasional nantinya dianggarkan dalam APBD Barito Timur 2022.

BPBD Damkar Barito Timur terbentuk akhir 2019. Sarana dan prasarana yang dimiliki cukup terbatas sehingga dalam penanganan dan penanggulangan bencana mengalami keterbatasan.

Sarana dari BNPB Pusat itu berupa satu unit mobil rescue double cabin, dua unit kendaraan roda dua jenis trail KLX, empat unit mesin pompa air, empat buah tandon air berkapasitas 5.000 galon dan 32 masker anti api satu paket.

Fasilitas ini akan menjadi penyemangat dan akan memperlancar kinerja BPBD Damkar untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” kata Bertulumeus. (BS/CNB)