Awasi Kenakalan Remaja, Disdik Bentuk Tim Patroli Pelajar

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Untuk mengantisipasi terjadianya kenakalan pelajar seperti tawuran, perkelahian dan minuman keras, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dalam waktu dekat ini akan membentuk Tim Patroli Pelajar.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Ahmad Syaifudin saat ditemui awak media, Rabu 8 Juni 2022.

Menurutnya, Tim Patroli Pelajar sendiri nantinya akan melibatkan masing-masing sekolah baik dari komite, Satpol PP dan juga pihak kepolisian. Yang mana waktunya setiap hari Senin sampai Jumat disaat jam berlajar.

Tahapan Pilkada 2024

“Contohnya ada anak-anak asyik nongkrong dan jalan-jalan ke mall saat jam belajar. Kita tidak menangkap tetapi memberikan imbauan atau arahan agar kembali ke sekolah mereka masing-masing untuk mengikuti pelajaran yang diberikan, kemudian kita akan berkoordinasi dengan pihak sekolah apakah ada sanksi lainnya,” ungkap Ahmad Syaifudin.

Yang perlu diketahui, ungkap Ahmad Syaifudin, yang mereka awasi adalah SMA dan SMK karena mereka dibawah pengawasan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng.

Ia menyampaikan, perkelahian yang terjadi disejumlah wilayah rata-rata di luar jam sekolah, contohnya di Palangka Raya disaat jam pulang sekolah lalu mereka berkumpul di satu tempat dan janjian janji.

“Alhamdulillah semuanya sudah selesai di mediasi. Saya secara pribadi berharap kasus ini tidak akan terjadi lagi. Kita juga menekankan bagaimana sekolah itu menjadi sekolah ramah anak dan jangan sampai ada kekerasan di lingkungan sekolah,” sebutnya. (CNB1)